Tips Aman Saat Mudik 2014


Tips Aman Saat Mudik 2014 - Agenda mudik lebaran sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat kita. Sebagian besar pemudik menggunakan angkutan umum, baik melalui darat, laut dan udara. Menggunakan kendaraan umum selama di perjalanan dapat menghemat biaya perjalanan dibanding kendaraan pribadi, namun juga memperbesar kemungkinan adanya tindakan kejahatan selama dalam perjalanan.

Tips Aman Saat Mudik 2014Tips Aman Saat Mudik 2014

Untuk keselamatan mudik menggunakan angkutan umum, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merak, Kompol Kamarul Wahyudi mengimbau agar pemudik meningkatkan kehati-hatian selama dalam perjalan. “Yang paling penting kewaspadaan,” ujar Kamarul kepada nogelin, Senin (21/7). Selengkapnya inilah tips mudik ala nogelin: 

1. Hindari menggunakan perhiasan dan assesoris berlebihan. Kamarul mengatakan, penggunaan dapat mengundang kejahatan.

2. Hindari menerima pemberian makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Modus satu ini, menurut Kamarul biasa digunakan untuk membius calon korban.

3. Jangan mudah menerima gadaian dari orang yang tidak dikenal di dalam perjalanan. Kamarul  mengatakan, modus gadaian ini dilakukan oleh penipu dengan mengaku kehabisan uang selama dalam perjalanan. Dengan alasan itu, dia menyodorkan perhiasan kepada orang lain untuk digadaikan. Padahal, besar kemungkinan, perhiasan yang digadaikan itu palsu.

4. Tetap waspada dengan orang di samping kanan-kiri selama di angkutan umum. Kamarul menyatakan, sebelum melakukan aksinya, calon penipu mendekati calon korban. Saat calon korban lengah, aksi akan dilanjutkan.

5. Tidak meletakkan uang tunai pada satu tempat. Trik dilakukan ini untuk mengindari kehilangan semua bekal perjalanan saat mengalami penipuan. 

Kamarul menambahkan, kewaspadaan pemudik harus ditingkatkan terutama saat puncak arus mudik lebaran. Dia memprediksi arus mudik akan terjadi pada hari Jumat (25/7) nanti. "Kewaspadaan harus ditingkatkan pada puncak arus mudik nanti," ujar Kamarul

Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Utomo menyatakan, penyeberang pada arus balik 2014 bisa mencapai satu juta jiwa. “Puncaknya arus mudik kali ini diperkirakan pada hari Jumat depan,” ujar Mario.

Pada hari puncak, pemudik bisa berkali-kali lipat dari biasanya. “Seperti peningkatan peningkatan sepeda motor. Jika di hari biasa hanya 700 unit, namun pada puncak arus balik, bisa mencapai hingga 20 ribu unit,” ujar Mario.

Peningkatan juga terjadi pada alat transportasi lainnya. Pada hari biasa mobil yang menyeberang kurang lebih berjumlah 1.500 unit, sementara pada puncak arus mudik mencapai 2.500 perhari. Sementara jumlah Bus yang menyeberang bisa mencapai 800 unit perhari dari jumlah hari biasa yang hanya 250 himgga 300.

Pelabuhan Merak merupakan pelabuhan penyeberangan di Kota Cilegon Banten penghubung Pulau Jawa dan Sumatera yang dipisahkan Selat Sunda. Penyeberangan selay sunda umumnya menggunakan kapal Fery. Dibutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk menyeberang dari Merak ke Bakauheni.

Tips Aman Saat Mudik 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown